Home Artikel Sehat Lima Cara Alami Usir Semut dari Makanan

Lima Cara Alami Usir Semut dari Makanan

1
SHARE

Siapa yang tidak senang jika menemukan makanan berlimpah nan lezat di rumah. Beragam kuliner baik makanan maupun minuman yang tersaji di meja makan pastinya mengundang selera untuk mencicipinya.

bbwrhry-img

solusi perut buncit

Namun terkadang keinginan tersebut terhambat oleh panggilan telepon atau permintaan bantuan dari orang terdekat. Selepasnya, tatkala Anda kembali menghampiri ruang makan alangkah terkejutnya jika aneka makanan dan minuman yang ingin Anda cicipi sudah diserbu puluhan semut. Anda pasti sangat jengkel.

Masalah semut yang menyerbu makanan memang membuat repot semua penghuni rumah. Serbuan mendadak dari makhluk merah atau hitam kecil itu selalu bersifat mendadak.

Ada baiknya guna menghadapi serbuan semut ini Anda perlu mencoba lima cara alami berikut untuk menghalau semut dari makanan atau minuman favorit Anda.

1. Cuka

Cuka merupakan salah satu musuh alami bagi semut. Untuk menggunakan cara ini secara efektif, Anda perlu mengisikan cuka ke dalam botol atau alat penyemprot. Lalu, tuangkan cuka ke lubang atau sarang semut serta area di sekitar meja dan ruang makan. Cara ini biasanya akan mencegah semut kembali menyerbu rumah Anda.

2. Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring yang biasa kita gunakan sehari-hari bisa menjadi cara alternatif untuk mencegah serbuan mendadak koloni serangga kecil itu terhadap makanan.

Cara penggunaannya adalah isilah sebuah botol kosong dengan campuran larutan sabun cuci piring dengan air. Kemudian, saat Anda melihat barisan semut yang mengarah pada meja makan Anda semprotkan larutan itu. Siapkan lap basah untuk membersihkan bangkai semut-semut yang mati.

3. Perasan Jeruk

Jika Anda tidak tahan dengan bau cuka atau enggan menggunakan sabun cuci piring, perasan jeruk bisa menjadi alternatif lainnya untuk menghalau semut dari makanan Anda.

Caranya mudah Anda hanya perlu memeras jeruk lalu memasukkan hasil perasan tersebut ke dalam botol kosong kemudian dicampur air. Air perasan jeruk, terutama jeruk lemon, sangat dibenci oleh semut.

Kandungan asam sitrat dalam buah itu sangat membahayakan keberadaan semut sehingga serangga itu akan menjauh ketika Anda menyemprotkan air perasan jeruk di area sekitar makanan

4. Kapur

Ini merupakan cara termudah dan paling jamak dilakukan sebagian besar orang untuk mengusir semut dengan menggunakan kapur. Mengapa semut tidak bisa melintasi garis yang dibuat kapur?

Alasannya karena semut biasanya berjalan bekelompok dengan meninggalkan asam semut sebagai tanda jejak dan panduan bagi semut lainnya dan kapur bisa mengaburkan bahkan menghilangkan jejak asam semut sehingga membuat semut-semut lainnya kebingungan.

5. Ampas Kopi

Satu lagi cara lain yang bisa Anda coba untuk mengusir semut dari makanan yakni dengan menaburkan ampas kopi di area sekitar meja makan. Jadi, buat Anda yang hobi minum kopi jangan buru-buru membuang ampasnya setelah mengetahui manfaatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here