Home Trending Topic Inilah Gejala Penyakit Pada Bayi Baru Lahir yang Perlu Diwaspadai

Inilah Gejala Penyakit Pada Bayi Baru Lahir yang Perlu Diwaspadai

39
SHARE

Bayi baru lahir perlu penjagaan dan kontrol khusus sebab sistem kekebalan tubuhnya yang masih rendah.

Hal ini dapat berpotensi pada penyakit pada bayi baru lahir. Apalagi saat di dalam rahim ibu, bayi cenderung terlindung dari sejumlah penyakit.

solusi perut buncit

aaj08cb-img

Namun, Mama bisa mencegah terjadinya penyakit dengan melihat tanda dari bahaya berikut ini.

1.Penyakit kuning

Lebih dari 50% bayi bisa mendapatkan penyakit kuning pada minggu pertama kehidupan. Pada umumnya, kadar bilirubin bayi akan meningkat pada minggu pertama kemudian berangsur menurun.

ASI dapat membantu menyeimbangkan kadar bilirubin. Maka penting bagi Mama untuk melihat kadar bilirubin dalam tubuh. Penyakit kuning yang dibiarkan akan berdampak mengganggu perkembangan bayi.

2.Sistem pencernaan

Bayi baru lahir belum memiliki bakteri atau enzim penernaan yang digunakan untuk memproses bilirubin.

Selain itu, sistem pencernaan bayi memang cocok untuk menerima ASI. Maka, masalah pencernaan mungkin terjadi jika ia menerima asupan non-ASI. Salah satu faktor yang bisa menyembuhkan dari penyakit kuning ialah sistem pencernaan yang dimiliki oleh bayi.

3.Penyakit hemolitik

Penyakit berbahaya yang ini biasanya terjadi karena masalah darah antara Mama dan bayi.

Perbedaan rhesus golongan darah Mama dan si kecil menjadi penyebabnya.

Perbedaan ini membuat antibodi Mama yang masuk ke dalam plasenta dapat menyerang sel-sel darah merah bayi baru lahir.

Kondisi ini sebenarnya bisa dideteksi sejak kehamilan dan dapat dikurangi risikonya. Penyakit ini bisa menyebabkan kesulitan napas pada bayi.

4.Hipotiroid.

Penyakit bayi baru lahir ini kadang tidak disadari oleh banyak orang. Jika tidak cepat diatasi, kondisi ini akan menyebabkan masalah seperti masalah perkembangan.

Kekurangan tiroid ini biasanya ditandai dengan bayi jarang menangis dan sembelit. Si kecil butuh penanganan dokter jika ia mengalami kondisi ini.

SHARE
Previous articleLima Cara Alami Usir Semut dari Makanan
Next articleManfaat Lada Hitam yang Jarang Diketahui Orang
Wira adalah sapaan akrabnya dalam dunia online, Kelahiran Palembang pada bulan Juli tahun 1969. Sejak kecil di kalangan teman-temannya ia dikenal sebagai pribadi yang pendiam. Mulai mengenai blogging pada sekitar tahun 2000-an. Aktif sebagai salah satu karyawan di perusahaan swasta. Sudah beberapa bisnis online diikuti, dan semua berakhir tanpa bekas, sampai akhirnya menemukan bisnis produk kesehatan pasutri (www.bisnisviaonline.com) yang bisa dikerjakan tanpa mengganggu aktifitas sebagai karyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here