Home Artikel Sehat 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Si Kecil

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Si Kecil

1
SHARE

AAiytBj.img

Mata adalah jendela dunia. Dengan mata sehat, maka akan mendukung Si Kecil untuk mencapai cita-citanya kelak. Oleh karena itu, Anda harus membantunya untuk selalu menjaga kesehatan matanya agar bisa melihat dengan jelas. Bagaimana caranya? Ikuti 7 tips ini yuk, Moms.

solusi perut buncit

1. Hindari Melihat Terlalu Dekat

Ajak anak untuk memandang jauh dan banyak beraktivitas di luar rumah. Moms juga sebaiknya menjaga Si Kecil untuk tidak melihat terlalu dekat.

2. Posisi Membaca

Saat membaca, ingatkan anak untuk duduk dalam posisi yang baik. Hindari membaca dalam keadaan berbaring atau posisi miring. Selain itu, larang anak membaca atau bermain game di ruangan yang cahayanya kurang terang.

3. Jarak Menonton TV

Saat menonton TV, pandu anak untuk tidak menonton dari jarak yang telalu dekat. Jarak antara Si Kecil dan TV yang dianjurkan adalah 4x diagonal TV.

4. Pemandangan di Kendaraan

Hindari bermain game atau membaca buku di tempat yang bergerak, misalnya saat berada di dalam mobil. Sebaiknya arahkan anak untuk melihat-lihat aktivitas di luar mobil, daripada waktu perjalanan dihabiskan untuk bermain game.

5. Istirahatkan Mata

Waktu membaca harus ada jeda, jangan paksa mata untuk bekerja terlalu lama. Misalnya saat membaca 1 jam, istirahatkan mata setidaknya 10 menit.

6. Bijak Memakai Gadget

Batasi dan disiplinkan penggunaan gadget. Menurut dr. Florence Meilani Manurung, spesialis mata dari Jakarta Eye Center, biasanya ia akan menyarankan pasiennya untuk memberikan ijin Si Kecil memakai gadget, maksimal 2 jam setiap minggu. Apabila orang tua disiplin menerapkan hal tersebut, maka dapat berdampak baik pada mata anak.

7. Vitamin A

Mencegah lebih baik dari mengobati, maka sebaiknya ajarkan Si Kecil untuk rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A. Misalnya wortel, pepaya, dan alpukat. Atau untuk lebih praktisnya, Moms bisa memberikan suplemen anak yang mengandung vitamin A. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan mata anak ke spesialis mata ya, Moms.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here